Skip to main content

Mengenal Jenis Pasta yang Populer di Indonesia

Pasta via freepik.com
Makanan Italia adalah salah satu hidangan yang menjadi andalan di Indonesia. Dengan rasanya yang cocok di lidah masyarakat Indonesia, Italia mampu menggabungkan bumbu-bumbu khas negaranya sehingga bisa dinikmati bahkan disukai semua orang. Makanan Italia yang populer di Indonesia adalah pizza dan pasta. Pizza dapat diberikan berbagai macam topping mulai dari rasa savory sampai yang manis. Nah, untuk makanan Italia yang satu ini yaitu pasta, mempunyai keunikannya tersendiri. Terbuat dari campuran tepung teriguminyak zaituntelur, dan garam yang membentuk adonan dengan beragam bentuk serta berbagai variasi ukuran. Oleh karena dijadikan berbagai macam ukuran, pasta mempunyai nama dan jenis masing-masing sesuai dengan bentuknya. Mari mengenal jenis pasta yang populer di Indonesia:

1. Spaghetti
Spaghetti via freepik.com
Spaghetti adalah jenis pasta yang berbentuk panjang dan tipis mirip dengan mieKarena berbentuk seperti mie, beberapa orang menyebut spaghetti ini sebagai mie dari Italia. Spaghetti terbuat dari gandum yang giling dan air. Spaghetti basah atau kering dimasak dengan dimasukkan ke dalam air mendidih yang telah diberi garam lalu ditiriskan kemudian akan disajikan dibantu dengan pencapit spaghetti. Di Italia, spaghetti dimasak hingga al dente yang artinya spaghetti dimasak sampai matang sepenuhnya dengan tekstur renyah yang akan terasa ketika disantap. 

2. Fettuccine
Fettuccine via freepik.com

Fettuccine atau dalam Bahasa Italia berarti pita kecil yang sesuai dengan bentuknya adalah jenis pasta yang populer di bangsa Romawi dalam kuliner Italia. Fettuccine terbuat dari campuran telur dan tepung terigu serta ada juga fettuccine berwarna hijau dengan campuran bayam didalam pembuatannya.

3. Lasagna
Lasagna via freepik
Lasagna adalah jenis pasta yang berbentuk lembaran tipis panjang dan lebar serta biasanya pasta ini disusun hingga berlapis-lapis lalu dipanggang di ovenUmumnya, lasagna disajikan dengan isian daging, sayur-sayuran, ayam, dan lain sebagainya sesuai selera.

4. Penne
Penne via freepik.com
Penne adalah jenis pasta yang berbentuk tabung pendek dengan bagian ujung yang mirip jajar genjang. Nama Penne berasal dari bahasa Latin yang artinya pena. Penne biasanya terbuat dari tepung terigu dan seperti Fettuccine, penne dapat dicampurkan dengan bahan lain dalam adonannya dan dapat mempengaruhi rasa seperti campuran buah bit untuk warna merah, bayam untuk warna hijau, dan tinta cumi untuk warna hitam.

5. Fusilli
Fusilli via freepik.com
Fusilli adalah jenis pasta yang berbentuk spiral. Kata fusilli dipercaya berasal dari fuso yang artinya berputar dengan menekan dan menggulung batang kecil di atas potongan tipis pasta untuk melilitkannya di sekitarnya sehingga mirip dengan bentuk pembuka botol

6. Macaroni
Macaroni via freepik.com
Macaroni adalah jenis pasta yang berbentuk lurus atau melengkung. Pasta ini terbuat dari gandum lalu dipotong pendek dan makaroni melengkung dapat disebut juga sebagai makaroni siku. Di Indonesia dan dibeberapa negara bagian lain, salah satu olahan hidangan menggunakan makaroni yang populer adalah dengan keju atau yang lebih dikenal mac and cheese.

7. Farfalle
Farfalle via freepik.com
Farfalle adalah jenis pasta yang berbentuk menyerupai kupu-kupu dengan bagian tepi yang bergerigi atau mirip dengan pasta dasi. Seperti pasta lain dalam pembuatannya, Farfalle bisa menambahkan warna dengan mencampur bahan-bahan tertentu. Dengan variasi warna hijau, putih, dan merah sering disajikan bersama dalam satu hidangan yang mengingatkan pada warna bendera Italia.

8. Ravioli
Ravioli via freepik.com
Ravioli adalah jenis pasta yang berbentuk seperti pangsit yang mempunyai isian lalu diselimuti adonan pasta tipis. Biasanya, Ravioli berbentuk bujur sangkar, lingkaran dan setengah lingkaran. Secara tradisional, Ravioli dapat dibuat di rumah dengan isian yang bervariasi sesuai dengan negara yang menyajikan misalnya diisi dengan keju ricotta, bayam, pala, dan lada hitam. 

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Keju yang Sering Dipakai Untuk Olahan Makanan

Beraneka ragam keju via freepik.com Keju adalah  sebuah olahan  yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam  susu  melalui proses pengentalan.  Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan  bakteri.  Hasil dari proses tersebut akan dilanjutkan dengan proses pengeringan dan pengawetan. Jadi, keju  berasal dari susu ya ng dapat diproduksi ke berbagai macam jenis keju.  Jenis-jenis keju sangatlah bervariasi dan dasarnya ditentukan oleh tipe susu, metode pengentalan, temperatur,  metode  pemotongan,  pengeringan , pemanasan, juga proses pematangan keju dan  pengawetan.  Umumnya, keju dapat dimakan langsung, namun juga tak sedikit orang yang menjadikan keju sebagai olahan makanan atau bahkan pelengkap untuk segala jenis makanan. Sebagai suatu makanan yang bisa diolah oleh semua kalangan, keju ini menjadi suatu makanan yang cukup unik karena mempunyai beragam jenis bahkan di berbagai negara pun keju mempunyai ciri khas masing-masing. Tidak hanya jenis, namun dari tekstur da

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Bawang putih via freepik.com Jika sering bergelut di dapur , pasti sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini. Makanan kurang lengkap jika tidak ditambahkan dengan bahan ini, kan? Ya, bawang putih adalah nama  tanaman  dari  genus   Allium  dan merupakan nama dari umbi yang dihasilkan.   Umbi dari tanaman bawang putih adalah bahan utama untuk bumbu dasar yang hampir ada di setiap masakan  Indonesia . Selain itu, bahan ini juga  digunakan sebagai pengobatan dan  diyakini  memiliki khasiat sebagai  antibiotik  alami di dalam tubuh manusia. Kandungan Gizi dalam Bawang Putih Sebelum mengetahui apa saja manfaatnya, mari terlebih dahulu mempelajari kandungan gizi dalam bawang putih. Menurut penelitian,  dalam 100 gram bawang putih terkandung beberapa nilai gizi antara lain  4 kalori,  1 gram karbohidrat,  0,2 gram protein,  0,1 gram serat,  0,1 miligram mangan,  0,9 miligram vitamin C,  5,4 miligram kalsium,  0,4 mikrogram selenium,  serta antioksidan seperti   flavonoid, ol