Skip to main content

Prinsip dan Cara Penyajian Makanan di Restoran

Makanan di restoran via freepik.com
Menurut Wikipedia, restoran atau rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Sesuai dengan pengertiannya, pasti masyarakat tidak ingin dikecewakan dengan makanan yang disajikan karena sudah membayar sekian rupiah untuk menyantap hidangan tersebut. Setiap restoran mempunyai keunggulannya masing-masing untuk menghidangkan setiap makanannya. Meskipun demikian, secara penyajian semua restoran pasti punya dasar-dasar yang dapat diketahui dan dipelajari agar memudahkan penilaian dari restoran-restoran yang ada. Mari simak prinsip dan cara penyajian makanan di restoran.

Prinsip Penyajian Makanan
Chef menyajikan makanan via freepik.com
Konsep dasar dari penyajian makanan adalah menyesuaikan dengan jenis makanan yang akan dihidangkan. Dalam penyajian makan terdapat prinsip hygiene dan sanitasi makanan sehingga selain tampil cantik, makanan juga harus terjaga dari segi kesehatan dan kebersihan. Berikut prinsip penyajian makanan:
IPrinsip wadah : setiap makanan perlu ditempatkan dalam wadah terpisah dan tertutup supaya tidak terkontaminasi dan memperpanjang masa saji makanan.
II. Prinsip air : makanan dengan kadar air tinggi seperti kuah, santan, atau susu, baru boleh dicampur saat makanan akan dihidangkan untuk mencegah makanan rusak dan basi.
III. Prinsip edible part bahan yang akan digunakan dalam penyajian makanan merupakan bahan yang dapat dimakan.
IV. Prinsip pemisahan : makanan yang ditempatkan dalam dus atau rantang perlu dipisahkan agar tidak saling bercampur.
V. Prinsip panas : penyajian makanan panas, seperti sup perlu diatur suhunya agar tetap dalam keadaan panas sebelum ditempatkan dalam food warmer
VI. Prinsip alat bersih : seluruh peralatan yang digunakan sepeti wadah, dus, piring, gelas, mangkuk, sendok, dan garpu harus dalam keadaan bersih dan baik. 
VII. Prinsip handling : penanganan makanan maupun alat makan, sebaiknya tidak ada kontak langsung dengan anggota tubuh terutama tangan dan bibir agar tidak ada pencemaran dan makanan tetap bersih.

Cara Penyajian Makanan
Penyajian makanan via freepik.com
Untuk restoran kelas atas seperti fine dining, kunci utama kesuksesannya adalah salah satunya melalui rasa dan penyajian makanan. Chef merupakan ujung tombak atas keberhasilan sebuah restoran karena tugasnya adalah mengatur segala sesuatu yang terjadi di dapur, mulai dari penentuan menu, kreasi masakan, pemilihan bahan-bahan, persiapan memasak, sampai hasil akhir hidangan makanan dengan standar yang tinggi. Chef terbaik pun di rekrut agar menciptakan hasil makanan yang terbaik juga. Tentu mereka mempunyai dasar cara penyajian makanan di restoran, antara lain:
1. Memilih wadah yang sesuai dengan makanan yang akan disajikan. Umumnya, chef akan menggunakan piring putih agar mudah untuk dihias dengan warna lain.
2. Mengisi dua pertiga bagian piring dengan makanan dan sisakan bagian piring untuk membuat ruang kosong. Tentukan ukuran penyajian yang standar dan sajikan jumlah yang tepat untuk satu wadah.
3. Makanan utama sebaiknya diletakkan di dasar wadah. Jika terdapat simbol atau logo restoran, makanan harus ditempatkan di bawah logo pada wadah tersebut.
4. Makanan pelengkap seperti sayuran ditata di sebelah kiri makanan utama agar tetap fokus kepada hidangan utama.
5. Seperti yang sudah dijelaskan dalam prinsip penyajian makanan, letakkan saus di wadah terpisah.
6. Jika saus digunakan untuk mempercantik piring, bisa dihias dengan bahan serta warna yang serasi dengan makanan utama.
7. Sebelum disajikan; pastikan wadah, peralatan, dan makanannya pun harus diperiksa kembali agar  kesehatan dan kebersihan tetap terjaga.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Jenis Pasta yang Populer di Indonesia

Pasta via freepik.com Makanan Italia adalah salah satu hidangan yang menjadi andalan di Indonesia. Dengan rasanya yang cocok di lidah masyarakat Indonesia, Italia mampu menggabungkan bumbu-bumbu khas negaranya sehingga bisa dinikmati bahkan disukai semua orang. Makanan Italia yang populer di Indonesia adalah pizza dan pasta. Pizza dapat diberikan berbagai macam topping mulai dari rasa savory sampai yang manis. Nah, untuk makanan Italia yang satu ini yaitu pasta, mempunyai keunikannya tersendiri. Terbuat dari  campuran  tepung terigu ,  minyak zaitun ,  telur , dan  garam  yang membentuk  adonan  dengan beragam bentuk serta berbagai variasi ukuran. Oleh karena dijadikan berbagai macam ukuran, pasta mempunyai nama dan jenis masing-masing sesuai dengan bentuknya. Mari mengenal jenis pasta yang populer di Indonesia: 1. Spaghetti Spaghetti via freepik.com Spaghetti adalah jenis  pasta  yang berbentuk panjang dan tipis mirip dengan  mie .  Karena berbentuk seperti mie, beber

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Bawang putih via freepik.com Jika sering bergelut di dapur , pasti sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini. Makanan kurang lengkap jika tidak ditambahkan dengan bahan ini, kan? Ya, bawang putih adalah nama  tanaman  dari  genus   Allium  dan merupakan nama dari umbi yang dihasilkan.   Umbi dari tanaman bawang putih adalah bahan utama untuk bumbu dasar yang hampir ada di setiap masakan  Indonesia . Selain itu, bahan ini juga  digunakan sebagai pengobatan dan  diyakini  memiliki khasiat sebagai  antibiotik  alami di dalam tubuh manusia. Kandungan Gizi dalam Bawang Putih Sebelum mengetahui apa saja manfaatnya, mari terlebih dahulu mempelajari kandungan gizi dalam bawang putih. Menurut penelitian,  dalam 100 gram bawang putih terkandung beberapa nilai gizi antara lain  4 kalori,  1 gram karbohidrat,  0,2 gram protein,  0,1 gram serat,  0,1 miligram mangan,  0,9 miligram vitamin C,  5,4 miligram kalsium,  0,4 mikrogram selenium,  serta antioksidan seperti   flavonoid, ol